Jumat, 01 Februari 2019

STATISTIK



      Pengertian Statistik adalah suatu kumpulan data yang berbentuk angka dan disusun dalam bentuk diagram dan/ atau tabel dimana isinya menjelaskan mengenai masalah tertentu.
Arti statistik adalah sekumpulan metode dan aturan mengenai pengumpulan, analisis, pengolahan, dan penafsiran data dari angka-angka yang menjelaskan data atau hasil pengamatan. Secara etimologis kata “statistik” berasal dari bahasa Latin, yaitu “status” yang artinya negara atau yang berkaitan dengan ketatanegaraan.
 

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti statistik, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini;

1. Prof. Dr. Sudjana, M. A., M.Sc.

Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc., pengertian statistik adalah suatu pengetahuan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisisnya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilaksanakan.

2. Anderson & Bancroft

Menurut Anderson & Bancroft, arti statistik adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk pengumpulan, pentabulasian, dan interpretasi data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematik probabilitas (peluang).

3. Prof. Dr. H. Agus Irianto

Menurut Prof. Dr.H.Agus Irianto, pengertian statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.

4. Anto Dajan

Menurut Anto Dajan, pengertian statistik adalah data kuantitatif baik yang masih belum tersusun maupun yang telah tersusun dalam bentuk table.

5. Croxton dan Cowden

Menurut Croxton dan Cowden, arti statistik adalah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterpretasikan data yang berwujud angka.

Fungsi Statistik

    Statistik memiliki dua fungsi utama yang sangat penting bagi kegiatan penelitian. Adapun fungsi statistik adalah sebagai berikut;

1. Fungsi Deskriptif

  Ini adalah fungsi statistik untuk mendeskripsikan, menerangkan data dan peristiwa, yang dikumpulkan melalui proses penelitian dan penyelidikan dimana belum sampai generalisasi atau mengambil kesimpulan tentang populasi yang diteliti.

2. Fungsi Inferensial

   Ini adalah fungsi statistik untuk memprediksi dan mengendalikan seluruh populasi berdasarkan data, gejala, dan peristiwa yang ada pada proses penelitian. Fungsi ini dimulai dengan membuat suatu estimasi dan hipotesis.


Jenis-Jenis Statistik
     Statistik dapat dibedakan datas dua jenis, yaitu :
1 . Statistik Deskriptif
    adalah bagian ilmu statistika yang bertujuan hanya sebatas menggambarkan atau mendeskripsikan tanpa adanya penarikan kesimpulan. Proses statistik deskriptif dimulai dengan adanya pengumpulan data, pengorganisasian data, mengklasifikasikan serta disajikan dalam bentuk yang baik berupa tabel, grafik maupun bentuk lainnya.
2 . Statistik Induktif
    adalah bagian ilmu statistika yang digunakan untuk menganalisis dan mengiterpretasikan data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil. 
    Statistik induktif dapat dibedakan atas dua bagian, yaitu :
 1. Statistik parametris, digunakan untuk menganalisa data interval atau data rasio yang diambil dari populasi, dimana populasi yang diambil berdistribusi normal.
2. Statistik non parametris, digunakan untuk menganalisa data nominal dan ordinal pada populasi yang bebas, atau dengan kata lain tidak harus berdistribusi normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyajian Data

Penyajian Data Penyajian data adalah pengaturan , penyusunan dan pengambaran data yang telah dikumpulkan baik dari po...